Connect with us

Motor

Triumph Rocket 3 R: Roadster dengan Mesin Monster yang Kalahkan Kapasitas Toyota Innova

Published

on

Pada 18 Agustus 2020, PT Garda Andalan Selaras (GAS Motorcycles), distributor resmi Triumph Motorcycles di Indonesia, resmi memperkenalkan lima lineup motor baru di showroom-nya di Kemang, Jakarta Selatan. Deretan motor tersebut meliputi New Triumph Tiger 900 GT Pro, New Triumph Tiger 900 Rally, Triumph Bonneville T100 Bud Ekins, Triumph Bonneville T120 Bud Ekins, dan tentu saja, Triumph Rocket 3 R yang mencuri perhatian utama.

Sebagai anggota keluarga Rocket 3, varian ini memiliki posisi unik di kelas roadster. Dengan konfigurasi footpeg middle, Rocket 3 R menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda dibandingkan varian GT yang lebih touring-oriented.

Namun, yang membuat Rocket 3 R benar-benar istimewa adalah mesinnya. Motor ini dibekali mesin 3 silinder segaris DOHC berpendingin cairan berkapasitas 2.458 cc. Sekadar perbandingan, mesin ini lebih besar dari kapasitas mesin Toyota Innova bensin (2.000 cc) atau bahkan dua kali lipat lebih besar dari mesin LCGC pada umumnya.

Performa yang Menakjubkan

Rocket 3 R bukan sekadar soal ukuran. Mesin ini menghasilkan tenaga 165 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 221 Nm pada 4.000 rpm — menjadikannya motor produksi massal dengan torsi terbesar di dunia. Tenaga ini dialirkan melalui transmisi 6 percepatan dan diteruskan ke roda belakang menggunakan sistem shaft drive yang terkenal tangguh.

Dimensi Raksasa

Dengan bobot mencapai 291 kg dan ban belakang super lebar ukuran 240/50R16, Rocket 3 R memiliki postur yang besar dan gagah. Bahkan, ban depan berukuran 150/80R17 saja setara dengan ban belakang motor sport 250 cc.

Harga dan Teknologi Premium

Dibanderol Rp 750 juta off the road, Triumph Rocket 3 R menawarkan teknologi terkini seperti panel instrumen TFT multifungsi, mode berkendara yang bisa disesuaikan (Rain, Road, Sport), dan suspensi Showa yang sepenuhnya dapat diatur.

Rocket 3 R bukan hanya sebuah motor, melainkan simbol kekuatan, teknologi, dan desain mewah yang layak menjadi primadona di jalanan. Siapkah Anda menjinakkan mesin monster ini?

Electric Vehicle

Scoutro: Motor Listrik Senyap Karya Mahasiswa ITB, Harapan Baru untuk Menjaga Hutan Way Kambas

Published

on

By

di kutip dari kompas, Way Kambas, Lampung Timur, menjadi benteng terakhir gajah Sumatera dan satwa liar lainnya. Namun, kawasan konservasi ini terus dibayangi ancaman perburuan. Setiap hari, polisi hutan harus berjibaku menembus jalur sempit, berlumpur, bahkan menghadapi risiko berhadapan langsung dengan para pemburu. Sayangnya, kendaraan yang ada sering kali tak sejalan dengan kebutuhan di lapangan.

Mobil patroli terlalu besar, motor bensin memang lincah tapi bising—suara mesinnya justru jadi alarm bagi pemburu untuk kabur lebih dulu. Dari keresahan itu, lahirlah Scoutro, motor listrik senyap hasil karya Fadhil Ahmad Muzakki, mahasiswa Desain Produk Industri ITB.

Berangkat dari riset langsung di Way Kambas, Fadhil merancang motor ini dari nol. Prosesnya dimulai dari konsep, perancangan sasis, hingga lahir prototipe yang tangguh di jalur hutan. Scoutro dibekali baterai swap untuk patroli panjang, transmisi matik yang praktis, hingga sistem penggerak ganda depan–belakang yang membuat motor lebih stabil di lintasan becek.

Yang paling penting: Scoutro bergerak tanpa suara. Senyapnya mesin listrik memberi polisi hutan senjata baru untuk mendekati pemburu tanpa ketahuan, menjadikan patroli lebih efektif dan menyelamatkan lebih banyak satwa.

“Desain produk bukan hanya soal gaya, tapi soal solusi. Scoutro adalah bukti nyata bahwa anak muda Indonesia bisa melahirkan inovasi untuk melindungi lingkungan,” ujar Fadhil.

Dari sebuah mimpi di ruang kuliah, kini hadir motor listrik yang bisa menjadi sahabat polisi hutan menjaga Way Kambas tetap lestari. Scoutro bukan sekadar motor, tapi simbol harapan dan bukti nyata bahwa inovasi bisa menyelamatkan kehidupan.

Continue Reading

Motor

IMOS 2025: Morbidelli Jadi Bintang Baru, Sabet Gelar Favourite Motorcycle Rookie Brand

Published

on

By

ICE BSD City kembali jadi saksi lahirnya sejarah baru dunia roda dua. Dalam gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025 pada 24–28 September, nama Morbidelli mencuri perhatian publik. Baru seumur jagung di Indonesia, brand yang dibawa oleh PT Benelli Motor Indonesia ini langsung meraih penghargaan Favourite Motorcycle Rookie Brand.

Kehadiran Morbidelli bukan sekadar debut biasa. Lewat C252V sport-cruiser V-Twin 250 cc, hingga duet T252X dan T1002VX di segmen adventure, Morbidelli membuktikan keseriusannya masuk ke pasar motor nasional. Tak heran, antusiasme pengunjung membanjiri area test ride, terutama pada T252X yang sukses mencatat antrian panjang setiap harinya.

“Respons dari media dan calon konsumen sangat luar biasa, terutama untuk line-up Adventure kami. T252X dan T1002VX benar-benar mendapat sambutan positif,” ungkap Steven Kentjana Putra, CEO PT Benelli Motor Indonesia.

Bukan hanya hype, Morbidelli juga menghadirkan kejutan harga spesial selama pameran. T252X dibanderol Rp73,8 jutaan OTR Jakarta, turun jadi Rp69,5 jutaan khusus di IMOS 2025. Sementara T1002VX, moge adventure bermesin V-Twin 997 cc, ditawarkan dengan harga spesial Rp299,9 jutaan dari banderol normal Rp320 jutaan.

IMOS 2025 pun membuktikan, Morbidelli bukan sekadar nama baru, tapi bintang baru di dunia motor Indonesia yang siap menemani setiap petualangan para rider Tanah Air.

Continue Reading

Motor

Scomadi Technica 200i Adventure DS, Skutik Retro Premium dengan Suspensi Ganda, Dibanderol Rp 99 Juta!

Published

on

By

Pasar skutik retro Tanah Air kembali kedatangan bintang baru. Scomadi resmi meluncurkan Technica 200i Adventure Dual Shock (DS), sebuah skuter bergaya klasik Eropa yang dikemas dengan sentuhan modern untuk memberikan pengalaman berkendara lebih nyaman dan stabil.

Sesuai namanya, varian Adventure DS hadir dengan suspensi ganda di bagian belakang, yang jadi nilai jual utama. Sistem dual shockbreaker ini dirancang untuk memberikan kendali lebih presisi, meredam guncangan lebih maksimal, sekaligus membuat motor tetap stabil di berbagai kondisi jalan.

Aditya Ardianto, General Manager Sales Scomadi Indonesia, menyebut kehadiran fitur ini sebagai langkah penting untuk memanjakan pecinta skutik retro premium.

“The New Scomadi Adventure DS membawa sistem Dual Shockbreaker di gardan belakang. Inilah kunci kelincahan dan kenyamanan dalam setiap perjalanan,” ungkapnya dengan percaya diri.

Tak hanya soal suspensi, motor ini juga tampil makin segar dengan flyscreen baru, air-scoop, serta muffler cover berdesain elegan. Tiga pilihan warna khas ditawarkan: Cocoa Pearl Metallic, Old English White, dan Khaki Green, yang menegaskan aura klasik sekaligus berkelas.

Dapur pacunya mengandalkan mesin 171,7 cc SOHC injeksi bertenaga, sanggup mencapai kecepatan puncak 105 km/jam. Tangki 11 liter memberi jarak tempuh lebih jauh, sementara bobot 132 kg dengan jok setinggi 769 mm membuatnya tetap ramah dikendalikan.

Dengan harga Rp 99 juta OTR Jakarta, Technica 200i Adventure DS jelas diposisikan sebagai skutik retro premium yang bukan hanya sekadar kendaraan, tapi juga simbol gaya hidup. Perpaduan desain klasik, fitur modern, serta kenyamanan ekstra dari suspensi ganda menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang ingin tampil beda sekaligus elegan di jalanan.

Continue Reading

Trending