TIPS & TRIK
Waspada! Ini Risiko Serius Jika V-Belt Skutik Putus Saat Motor Melaju

V-belt pada motor matik adalah komponen vital yang kerap diabaikan pemilik kendaraan. Padahal, jika sampai putus saat motor sedang dikendarai, dampaknya bisa sangat berbahaya bagi pengendara maupun mesin itu sendiri.
Ricard Riesmala, pemilik bengkel A2 Speed, menjelaskan bahwa v-belt bisa putus dalam dua situasi: saat motor dalam kondisi langsam (idle) atau ketika motor sedang melaju. “Kalau putus saat langsam, umumnya hanya menimbulkan suara keras, lalu motor tidak bisa digas. Namun ini masih relatif aman,”

Masalah sesungguhnya muncul jika v-belt putus saat motor sedang berjalan, apalagi ketika gas sedang dibuka. “Ini yang berbahaya. V-belt yang putus saat motor melaju bisa melilit dan merusak komponen lain di CVT, seperti pulley dan sliding sheave,” tambahnya.
Ricard menyebutkan bahwa kasus seperti ini sering berujung pada kerusakan roller dan rumah roller akibat benturan keras dari v-belt yang terputus. Bahkan, per CVT pun berpotensi menjadi gepeng atau berubah bentuk karena terkena hantaman.
Oleh karena itu, Ricard mengimbau agar pemilik motor matik rutin melakukan servis CVT dan mengganti v-belt sesuai jadwal agar terhindar dari risiko besar di jalan. “Servis CVT secara berkala itu penting, jangan tunggu sampai v-belt putus,” tegasnya.
Electric Vehicle
“Baterai Mobil Listrik Bisa Kembung?” Ini Penjelasan yang Bikin Tenang

Di tengah tren kendaraan listrik yang terus berkembang, masih ada kekhawatiran dari masyarakat soal baterai menggelembung atau ‘kembung’, seperti yang sering terjadi pada ponsel. Namun benarkah risiko itu juga mengintai mobil listrik?
Jawabannya: hampir tidak.
Menurut Iqbal Taufiqurrahman dari GAC Indonesia, meski sama-sama memakai teknologi lithium, baterai mobil listrik dirancang dengan tingkat keamanan dan manajemen yang jauh lebih canggih dibandingkan baterai smartphone.

Perbedaan utama terletak pada Battery Management System (BMS) dan sistem pendinginan aktif. Di mobil listrik, BMS secara otomatis mengatur dan menyeimbangkan distribusi daya ke setiap modul baterai, menjaga suhu, dan mencegah tekanan berlebih—hal yang tidak dimiliki oleh baterai ponsel.
Contohnya ada pada GAC Aion UT, yang dibekali Magazine Battery 3.0 dan sistem pendingin cair. Teknologi ini menjaga suhu tetap stabil, baik saat pengisian cepat maupun saat mobil melaju kencang di jalan.
“Jadi jangan khawatir soal baterai kembung atau soak, selama penggunaan masih dalam batas wajar, sistem akan menjaga semuanya tetap aman,” tegas Iqbal di ajang GIIAS 2025, ICE BSD.
Inilah bukti bahwa mobil listrik bukan hanya soal efisiensi dan performa, tapi juga soal keamanan yang dirancang untuk menjawab keraguan banyak orang.
Saatnya percaya diri beralih ke teknologi yang lebih bersih dan cerdas, tanpa rasa was-was lagi soal baterai.
Electric Vehicle
Parkir, Cas, Jalan Lagi! Pengisian Daya Nirkabel Motor Listrik Bukan Lagi Mimpi?

Di tengah pertumbuhan pesat pengguna motor listrik, satu kendala klasik masih jadi momok: repotnya pengisian daya. Kabel ketinggalan, colokan tidak cocok, atau stasiun pengisian yang penuh adalah cerita sehari-hari para pengguna EV roda dua.
Namun kini, harapan itu hadir lewat inovasi pengisian daya nirkabel, yang siap mengubah cara kita berinteraksi dengan kendaraan masa depan.
Adalah Tiler Compact, sistem wireless charging yang awalnya dirancang untuk sepeda listrik, tapi mulai dilirik sebagai solusi realistis bagi motor listrik urban.

Bayangkan ini: cukup menurunkan standar samping, lalu motor langsung terisi daya otomatis—tanpa kabel, tanpa buka-tutup soket, tanpa ribet. Persis seperti kita meletakkan smartphone di atas pad charger.
Perangkat seukuran laptop ini tahan cuaca ekstrem, hanya butuh stopkontak biasa, dan satu sumber daya bahkan bisa menyuplai hingga 24 unit pengisi daya. Cocok untuk parkiran apartemen, gedung kantor, hingga pusat perbelanjaan.
Waktu isi ulangnya memang belum secepat kabel (sekitar 3,5 jam untuk 500 Wh), tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan harian pengguna motor listrik di kota.
Lebih dari sekadar teknologi, ini adalah upaya menjawab keresahan banyak rider masa kini. Gerakan sederhana seperti memarkir motor bisa menjadi langkah besar menuju efisiensi dan kenyamanan.
Namun, tantangan sesungguhnya kini ada di tangan para pabrikan otomotif. Dibutuhkan standardisasi dan kolaborasi agar teknologi pengisian daya nirkabel bisa diintegrasikan secara massal dan lintas merek.
Jika semua pihak bersatu, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat, kita hanya perlu memarkir motor—dan baterai akan terisi otomatis.
Masa depan itu makin dekat. Kita hanya perlu menyambutnya.
Motor
Yamaha Buka Akses! Performance Damper Kini Bisa Dimiliki Semua Pengguna NMAX

Setelah menjadi bagian paling diincar dari Yamaha NMAX “TURBO” varian tertinggi, kini Performance Damper resmi dijual terpisah untuk pengguna NMAX TURBO dan NMAX NEO. Sebuah keputusan yang membawa angin segar bagi para pecinta skutik premium, khususnya para rider yang mendambakan sensasi berkendara lebih stabil, mantap, dan penuh kendali.

Komponen eksklusif ini pertama kali mencuri perhatian saat dikenalkan dalam edisi spesial ulang tahun ke-50 Yamaha Indonesia. Namun karena tingginya permintaan dan antusiasme luar biasa dari komunitas serta pengguna setia NMAX, Yamaha akhirnya membuka akses untuk publik lewat peluncuran resminya di ajang Pekan Raya Jakarta 2025.
“Konsumen NMAX itu mayoritas punya karakter petualang. Mereka haus akan kenyamanan dan performa maksimal di setiap perjalanan,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. GM Marketing & Sales Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Performance Damper bukan sekadar part tambahan. Perangkat ini mampu mereduksi getaran sasis, meningkatkan handling, dan menciptakan respons akselerasi yang lebih presisi. Cocok untuk kamu yang suka touring jauh maupun riding harian dengan kestabilan terbaik.
Dengan harga Rp 2.700.000, Performance Damper bisa langsung dipesan di seluruh jaringan dealer resmi Yamaha Indonesia. Bahkan untuk pengguna XMAX Connected, part ini juga tersedia dengan harga Rp 3.300.000. Sayangnya, untuk AEROX ALPHA “TURBO” ULTIMATE, Performance Damper masih eksklusif dan belum dijual terpisah.
-
Motor2 years ago
Polytron Memperkenalkan 11 Fitur Baru pada Motor Listrik Fox-R
-
Mobil1 year ago
PORSCHE RWB GARAPAN AKIRA NAKAI: MODIFIKASI YANG MENJADI INVESTASI SENI MEWAH
-
Motor8 months ago
Suzuki DR-Z4 Series 2025: Andalan Baru di Segmen Motor Trail & Supermoto!
-
Event2 years ago
Kia EV9 GT-Line Unjuk Gigi di GIIAS Bandung, Harganya Dekati Rp 2 Miliar OTR
-
Mobil2 years ago
Suzuki Burgman Street 125 EX memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang luar biasa, dengan satu liter dapat menempuh jarak hingga 56 kilometer!
-
Motor11 months ago
“Yamaha Luncurkan Motor Turing Ganteng di Indonesia! Ini Dia Harganya yang Bikin Melongo!”
-
Uncategorized2 years ago
Davino Britani, Pemenang FIM MiniGP Indonesia Series 2023, Siap Berkompetisi di Panggung Internasional!
-
Event2 years ago
Tim TGRI berhasil meraih gelar juara nasional dalam kategori Group M (AWD) pada Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2023!