Connect with us

Motor

Yamaha R25 2025 Resmi Meluncur, Tampil Garang dengan Winglet dan Fitur Canggih!

Published

on

Pada Rabu (9/10/2024), Yamaha resmi meluncurkan versi terbaru dari R25, yaitu R3, yang hadir dengan berbagai pembaruan menarik. Tak hanya tampil dengan desain baru, R3 juga dibekali dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan canggih. Ini merupakan facelift kedua dari R3 atau R25, yang secara basis hampir sama, hanya berbeda pada kapasitas mesinnya. R25 mengusung mesin 250 cc, sedangkan R3 mengandalkan mesin 321 cc, namun keduanya tetap memakai konfigurasi 2 silinder segaris DOHC 8 katup berpendingin cairan. Diproduksi di Indonesia, R3 tidak hanya dipasarkan di Asia seperti Taiwan dan Hongkong, tetapi juga di Eropa.

Desain R3 terbaru ini mengalami perubahan total dari bagian depan hingga tengah, memberikan kesan yang lebih agresif dan sporty. Garis-garis bodinya kini lebih tegas, menghilangkan bentuk melengkung dari generasi sebelumnya. Bagian muka mengalami transformasi besar dengan mengganti lampu LED reflektor menjadi LED projector di tengah, mirip seperti model R15, R7, dan R9 terbaru. Ditambah lagi, dua DRL yang memiliki bentuk garis tegas tidak simetris di bagian atas dan bawah, memberikan tampilan futuristik. Pada bagian bawah, corong udara yang terinspirasi dari M1 di MotoGP juga dilengkapi dengan winglet yang menyatu dengan bodi, membuatnya semakin aerodinamis dan keren.

Bagian fairing samping menonjolkan garis lurus yang lebih tegas, meninggalkan desain ala R6 sebelumnya. Ada pula corong udara di fairing bawah untuk membantu mengarahkan aliran udara ke mesin, menjaga performa tetap optimal. Untuk fitur, Yamaha memberikan pembaruan berupa panel instrumen full digital dengan tampilan baru yang bisa terhubung ke smartphone, menambah kenyamanan dan kemudahan berkendara.

Sektor mesin juga mendapat pembaruan dengan hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch, meningkatkan kelancaran perpindahan gigi dan mencegah ban belakang tergelincir saat menurunkan gigi dengan cepat. Rangka tetap menggunakan tipe diamond berbahan besi, dipadu dengan suspensi depan upside down 37 mm, dan suspensi belakang monoshock tanpa link. Sistem pengereman juga semakin mantap dengan cakram depan berukuran 298 mm berkaliper 2 piston, serta cakram belakang 220 mm dengan kaliper 1 piston.

Bagaimana dengan R25 di Indonesia? Kita tunggu saja kejutan selanjutnya dari Yamaha Indonesia!

Event

IMOS 2025 Siap Digelar, Pameran Motor Terbesar Tanah Air Hadirkan Harapan Baru di Tengah Tantangan Ekonomi

Published

on

By

Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan menurunnya daya beli masyarakat, industri sepeda motor Indonesia justru menunjukkan nyala semangat yang tak padam. Salah satu buktinya adalah kembalinya Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2025, yang akan digelar pada 24–28 September 2025, sebagai wujud komitmen kuat dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dalam mendukung kemajuan industri roda dua di negeri ini.

IMOS 2025 bukan sekadar pameran, tapi juga simbol perlawanan industri terhadap tekanan global. Meski kondisi ekonomi tak sepenuhnya stabil, penjualan sepeda motor domestik tetap bergerak positif—mencapai lebih dari 3,1 juta unit di semester pertama tahun ini. Juni bahkan menjadi titik balik optimisme, dengan penjualan 509.326 unit, menunjukkan pemulihan yang menjanjikan.

Tak hanya itu, ekspor sepeda motor CBU juga menunjukkan tren positif. Dengan total 268.743 unit terjual ke luar negeri, kenaikan 11,8% ini mengindikasikan kuatnya daya saing motor buatan Indonesia di mata dunia.

“IMOS 2025 kami hadirkan sebagai momentum memperkuat pasar domestik dan menjadi ajang utama peluncuran inovasi dari para produsen. Kami percaya, industri roda dua Indonesia tak hanya mampu bertahan—tapi juga tumbuh,” ungkap Sigit Kumala, Ketua Penyelenggara IMOS 2025 sekaligus Ketua Bidang Komersial AISI.

Pameran ini akan menghadirkan lebih dari sekadar deretan motor baru. Pengunjung akan disuguhkan test ride area, bazar suku cadang dan aksesori, hingga aktivasi komunitas dan hiburan interaktif, menjadikan IMOS 2025 sebagai ruang silaturahmi bagi para penggila roda dua dari seluruh penjuru negeri.

IMOS 2025 bukan hanya selebrasi industri, tetapi juga pelipur rindu dan semangat bagi para pecinta motor yang ingin melihat masa depan otomotif Indonesia dengan penuh harapan.

Continue Reading

Event

Honda Modif Contest 2025 Kembali Menggema! Ribuan Modifikator Siap Cetak Sejarah Baru

Published

on

By

Gelombang kreativitas pecinta roda dua kembali bergemuruh! Honda Modif Contest (HMC) 2025 dipastikan akan kembali hadir sebagai ajang modifikasi sepeda motor Honda terbesar di Tanah Air. Setelah lebih dari satu dekade mewadahi para builder lokal, tahun ini HMC mengusung semangat baru bertajuk #Ridecreation — membakar semangat para modifikator dari Sabang sampai Merauke.

Tak kurang dari 1.200 modifikator diperkirakan akan terlibat, membawa karya terbaiknya dalam 9 kategori lomba yang tersebar di 10 kota besar Indonesia. Bukan sekadar kontes, HMC adalah ruang aktualisasi jiwa-jiwa kreatif, ajang unjuk rasa seni, mesin, dan identitas anak bangsa yang dituangkan lewat sepeda motor.

Tahun ini, nuansa kompetisi terasa makin spesial dengan hadirnya Showcase Arena, area terbuka bagi modifikator yang ingin langsung tampil dan adu karya hanya dalam satu hari. Kelas-kelas yang dipertandingkan semakin beragam—mulai dari motor produksi sebelum 2006, matic-cub touring, hingga motor sport bergaya racing maupun fairing.

Lebih dari itu, kategori spesial seperti modifikasi Honda Scoopy, Stylo160, PCX160, ADV160, hingga Vario 160 juga siap menyulut gairah baru di panggung modifikasi nasional. Mereka yang keluar sebagai jawara tak hanya mengukir prestasi, tapi juga mendapat kesempatan mengikuti program eksklusif Honda Dream Ride Project, membuka jalan menuju dunia modifikasi profesional yang lebih luas.

“Lebih dari sekadar ajang lomba, HMC adalah rumah bagi para seniman roda dua Indonesia,” ungkap Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning & Analysis AHM. “Kami percaya setiap karya yang lahir di sini bukan hanya menampilkan teknis dan estetika, tapi juga menyuarakan semangat dan cinta terhadap dunia roda dua.”

Sebagai bentuk keseriusan dan fair play, proses penjurian kembali melibatkan nama-nama besar seperti Hendra Cahyono (PapnMam Modified), Agus Ficdiyanto (Alpha Sierra Custom), dan Haris Fatchurahman (Manasi Ride)—figur-figur yang selama ini mewarnai dunia custom Indonesia.

HMC 2025 bukan hanya tentang menang. Ini tentang identitas, kebanggaan, dan warisan budaya otomotif yang terus hidup melalui tangan-tangan kreatif anak bangsa.

Continue Reading

Motor

Kawasaki Meguro S1 dan W230: Bukan Sekadar Motor, Tapi Warisan Jiwa Retro yang Terlahir Kembali

Published

on

By

Jakarta — Dalam gemerlap Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, PT Kawasaki Motor Indonesia membangkitkan kembali semangat klasik yang melegenda lewat peluncuran dua motor retro istimewa: Kawasaki Meguro S1 dan Kawasaki W230.

Namun di balik desain klasik nan elegan itu, ada cerita panjang penuh sejarah dan semangat pionir yang lahir hampir seabad lalu. Nama Meguro bukan sekadar simbol, tetapi fondasi lahirnya era kejayaan motor Jepang—dimulai sejak tahun 1924 di distrik Osaki, Tokyo.

Motoris sejati pasti bisa merasakan aura nostalgia yang menyelimuti desain Meguro S1. Mesin dan gaya yang dibangun dari warisan model legendaris seperti Stamina K1, Meguro K2, hingga W650, bukan hanya soal estetika, tapi juga tentang karakter.

Saat Meguro merger dengan Kawasaki pada 1960, lahirlah generasi motor ikonik yang menembus pasar Amerika dan bersaing dengan raksasa Eropa. W1, W1SA, dan W3 jadi bukti bahwa gaya klasik bisa bertarung di kancah global tanpa kehilangan jiwanya.

Kini, lewat Meguro S1 dan W230, Kawasaki ingin lebih dari sekadar menjual motor. Mereka ingin menghidupkan kembali semangat berkendara yang sederhana, berkelas, dan penuh karakter—sebuah pengalaman yang tak bisa diberikan motor modern biasa.

Continue Reading

Trending