Connect with us

TIPS & TRIK

Laju Motor Nggak Nambah Meski RPM Tinggi? Waspadai Kampas Kopling Aus!

Published

on

Buat kalian pengguna motor kopling manual, pernah ngalamin motor tetap ngeden meski putaran mesin udah tinggi? Nah, bisa jadi itu karena kampas kopling di motormu mulai aus.

Kampas kopling berfungsi sebagai jembatan utama untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Saat kampas ini aus atau menipis, tenaga dari mesin jadi nggak bisa diteruskan secara maksimal ke transmisi. Akibatnya? Motor terasa lemot, meski rpm udah tinggi.

Gejala paling umum dari kampas kopling aus adalah motor seperti “selip” — suara mesin meraung tapi lajunya nggak sebanding. Terutama saat melewati jalan menanjak, kondisi ini makin terasa jelas: motor terasa berat, bahkan sulit menanjak meski gas udah dipelintir habis.

Selain itu, ada indikator lain yang bisa kamu deteksi, seperti:

  • Tekanan handle kopling jadi lebih ringan
  • Oli mesin terlihat lebih hitam dari biasanya, karena serpihan kampas kopling terbawa oli
  • Akselerasi motor menurun drastis, terutama saat bawa beban berat

Solusinya? Jangan tunggu rusak total. Segera ganti kampas kopling dengan yang baru untuk mengembalikan performa motor kesayangan kamu. Pastikan juga menggunakan oli mesin yang sesuai dan berkualitas untuk menjaga keawetan komponen transmisi.

Electric Vehicle

“Baterai Mobil Listrik Bisa Kembung?” Ini Penjelasan yang Bikin Tenang

Published

on

By

Di tengah tren kendaraan listrik yang terus berkembang, masih ada kekhawatiran dari masyarakat soal baterai menggelembung atau ‘kembung’, seperti yang sering terjadi pada ponsel. Namun benarkah risiko itu juga mengintai mobil listrik?

Jawabannya: hampir tidak.
Menurut Iqbal Taufiqurrahman dari GAC Indonesia, meski sama-sama memakai teknologi lithium, baterai mobil listrik dirancang dengan tingkat keamanan dan manajemen yang jauh lebih canggih dibandingkan baterai smartphone.

Perbedaan utama terletak pada Battery Management System (BMS) dan sistem pendinginan aktif. Di mobil listrik, BMS secara otomatis mengatur dan menyeimbangkan distribusi daya ke setiap modul baterai, menjaga suhu, dan mencegah tekanan berlebih—hal yang tidak dimiliki oleh baterai ponsel.

Contohnya ada pada GAC Aion UT, yang dibekali Magazine Battery 3.0 dan sistem pendingin cair. Teknologi ini menjaga suhu tetap stabil, baik saat pengisian cepat maupun saat mobil melaju kencang di jalan.

“Jadi jangan khawatir soal baterai kembung atau soak, selama penggunaan masih dalam batas wajar, sistem akan menjaga semuanya tetap aman,” tegas Iqbal di ajang GIIAS 2025, ICE BSD.

Inilah bukti bahwa mobil listrik bukan hanya soal efisiensi dan performa, tapi juga soal keamanan yang dirancang untuk menjawab keraguan banyak orang.
Saatnya percaya diri beralih ke teknologi yang lebih bersih dan cerdas, tanpa rasa was-was lagi soal baterai.

Continue Reading

Electric Vehicle

Parkir, Cas, Jalan Lagi! Pengisian Daya Nirkabel Motor Listrik Bukan Lagi Mimpi?

Published

on

By

Di tengah pertumbuhan pesat pengguna motor listrik, satu kendala klasik masih jadi momok: repotnya pengisian daya. Kabel ketinggalan, colokan tidak cocok, atau stasiun pengisian yang penuh adalah cerita sehari-hari para pengguna EV roda dua.

Namun kini, harapan itu hadir lewat inovasi pengisian daya nirkabel, yang siap mengubah cara kita berinteraksi dengan kendaraan masa depan.
Adalah Tiler Compact, sistem wireless charging yang awalnya dirancang untuk sepeda listrik, tapi mulai dilirik sebagai solusi realistis bagi motor listrik urban.

Bayangkan ini: cukup menurunkan standar samping, lalu motor langsung terisi daya otomatis—tanpa kabel, tanpa buka-tutup soket, tanpa ribet. Persis seperti kita meletakkan smartphone di atas pad charger.

Perangkat seukuran laptop ini tahan cuaca ekstrem, hanya butuh stopkontak biasa, dan satu sumber daya bahkan bisa menyuplai hingga 24 unit pengisi daya. Cocok untuk parkiran apartemen, gedung kantor, hingga pusat perbelanjaan.
Waktu isi ulangnya memang belum secepat kabel (sekitar 3,5 jam untuk 500 Wh), tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan harian pengguna motor listrik di kota.

Lebih dari sekadar teknologi, ini adalah upaya menjawab keresahan banyak rider masa kini. Gerakan sederhana seperti memarkir motor bisa menjadi langkah besar menuju efisiensi dan kenyamanan.

Namun, tantangan sesungguhnya kini ada di tangan para pabrikan otomotif. Dibutuhkan standardisasi dan kolaborasi agar teknologi pengisian daya nirkabel bisa diintegrasikan secara massal dan lintas merek.

Jika semua pihak bersatu, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat, kita hanya perlu memarkir motor—dan baterai akan terisi otomatis.
Masa depan itu makin dekat. Kita hanya perlu menyambutnya.

Continue Reading

Motor

Yamaha Buka Akses! Performance Damper Kini Bisa Dimiliki Semua Pengguna NMAX

Published

on

By

Setelah menjadi bagian paling diincar dari Yamaha NMAX “TURBO” varian tertinggi, kini Performance Damper resmi dijual terpisah untuk pengguna NMAX TURBO dan NMAX NEO. Sebuah keputusan yang membawa angin segar bagi para pecinta skutik premium, khususnya para rider yang mendambakan sensasi berkendara lebih stabil, mantap, dan penuh kendali.

Komponen eksklusif ini pertama kali mencuri perhatian saat dikenalkan dalam edisi spesial ulang tahun ke-50 Yamaha Indonesia. Namun karena tingginya permintaan dan antusiasme luar biasa dari komunitas serta pengguna setia NMAX, Yamaha akhirnya membuka akses untuk publik lewat peluncuran resminya di ajang Pekan Raya Jakarta 2025.

“Konsumen NMAX itu mayoritas punya karakter petualang. Mereka haus akan kenyamanan dan performa maksimal di setiap perjalanan,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. GM Marketing & Sales Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Performance Damper bukan sekadar part tambahan. Perangkat ini mampu mereduksi getaran sasis, meningkatkan handling, dan menciptakan respons akselerasi yang lebih presisi. Cocok untuk kamu yang suka touring jauh maupun riding harian dengan kestabilan terbaik.

Dengan harga Rp 2.700.000, Performance Damper bisa langsung dipesan di seluruh jaringan dealer resmi Yamaha Indonesia. Bahkan untuk pengguna XMAX Connected, part ini juga tersedia dengan harga Rp 3.300.000. Sayangnya, untuk AEROX ALPHA “TURBO” ULTIMATE, Performance Damper masih eksklusif dan belum dijual terpisah.

Continue Reading

Trending