Connect with us

Event

Pengumuman Perubahan Regulasi Teknik Motogp untuk Musim 2027

Published

on

Seperti yang dilaporkan pertama kali oleh Motorsport.com pada bulan November lalu, upaya untuk mengurangi kapasitas mesin dari 1000 cc menjadi 850 cc dalam MotoGP telah menjadi fokus utama dari peraturan yang direncanakan untuk musim 2027, yang saat ini sedang dirancang oleh penyelenggara bersama dengan para produsen.

Komisi Grand Prix MotoGP telah secara resmi mengonfirmasi kerangka peraturan 2027 pada Senin (6/5/2024).

Usulan untuk menurunkan ukuran mesin, yang merupakan langkah pertama sejak tahun 2007, didorong oleh kebutuhan akan peningkatan keselamatan di sejumlah trek balap yang digunakan saat ini dalam seri ini.

MotoGP telah menggunakan mesin 1000 cc sejak tahun 2012, menggantikan peraturan 800 cc yang menuai banyak kritik pada tahun 2007.

Sebelumnya, dalam masa awal era empat-tak MotoGP antara tahun 2002 dan 2006, kapasitas mesin adalah 990 cc, menggantikan era 500 cc dua-tak di balapan grand prix.

Selain penurunan kapasitas mesin, perubahan signifikan lainnya dalam peraturan 2027 meliputi pengurangan elemen aerodinamika.

Pengembangan aerodinamika telah menjadi titik fokus utama dalam beberapa tahun terakhir di MotoGP, meskipun perkembangan ini sering kali memberikan dampak negatif terhadap pengalaman menonton balapan.

Peraturan baru akan mengendalikan ini dengan mengurangi ukuran bagian depan bodi aero yang diizinkan, sementara setiap tambahan pada bagian belakang motor harus disetujui sebagai bagian dari keseluruhan bodi aero.

Satu pembaruan aerodinamika akan tetap diizinkan per musim.

Semua perangkat bantuan berdiri, termasuk perangkat holeshot untuk prosedur start, akan dilarang. Ini merupakan kelanjutan dari larangan perangkat bantuan motor depan yang mulai berlaku pada tahun 2024.

Perubahan kecil lainnya termasuk penurunan jumlah balapan di kalender dari tujuh menjadi enam untuk kalender 20 balapan, atau dari sembilan menjadi tujuh untuk jadwal 21 atau 22 putaran.

Berat minimum motor akan dikurangi dari 157 kg menjadi 153 kg, dan kapasitas tangki bahan bakar untuk balapan grand prix dan sprint akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter, serta dari 12 liter menjadi 11 liter.

Sistem konsesi yang diperkenalkan kembali pada tahun 2024 akan tetap ada pada tahun 2027, dan semua pabrikan yang berpartisipasi dalam musim 2026 akan memulai siklus regulasi baru sebagai tim Ranking B.

Ini berarti semua pabrikan pada tahun 2026 akan memulai musim 2027 dengan pembekuan pengembangan mesin, tiga wild card per musim, tidak ada pengujian dalam musim untuk pembalap, dan alokasi ban uji sebanyak 190.

Pabrikan baru pada tahun 2027 akan memulai sebagai Peringkat D, yang mengizinkan pengembangan mesin dan pengujian gratis dengan pembalap, serta enam wild card dan alokasi ban uji sebanyak 260.

Peringkat pabrikan akan dinilai ulang pada pertengahan musim.

Salah satu aspek yang telah diumumkan sebelumnya dalam peraturan 2027 adalah penggunaan 100 persen bahan bakar ramah lingkungan, dengan langkah awal menuju hal tersebut akan dilakukan tahun ini melalui penggunaan bahan bakar yang terdiri dari 40 persen bahan non-fosil.

Perubahan teknis besar terakhir dalam MotoGP terjadi pada tahun 2016 dengan diperkenalkannya unit elektronik terkontrol yang membantu mengurangi kesenjangan antara pabrikan Jepang dan pabrikan lainnya.

Ini akhirnya membantu meningkatkan kehadiran pabrikan di MotoGP, dengan Suzuki dan Aprilia bergabung kembali dengan seri ini sejak tahun 2015, diikuti oleh KTM dua tahun kemudian.

Sejak tahun 2016, ketiga pabrikan ini telah memenangi balapan, sementara Ducati, yang juga mendapat manfaat dari perubahan regulasi, telah menjadi kekuatan dominan di MotoGP.

Dalam beberapa minggu terakhir, spekulasi tentang kemungkinan partisipasi BMW dalam MotoGP di masa depan telah muncul, dengan perubahan peraturan pada tahun 2027 dianggap sebagai faktor penentu bagi merek Jerman tersebut.

Meski begitu, BMW belum memberikan komitmen resmi, dan menyatakan bahwa mereka tidak terlibat dalam diskusi mengenai regulasi MotoGP 2027.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

Wonosari Membara! 747 Starter Panaskan Super Drag Way Ekitoyama Saber 2025 White Series Putaran 2

Published

on

By

Wonosari — Deru mesin, semangat kompetisi, dan adrenalin yang tak terbendung kembali meledak di Super Drag Way Racertees Ekitoyama Saber 2025 White Series Putaran 2, Sabtu (21/6), di Sirkuit non permanen Lanud Gading, Wonosari. Dengan 747 starter, putaran ini menjadi salah satu seri drag race paling semarak dan kompetitif tahun ini.

Lintasan 201 meter dan 402 meter seakan menjadi panggung pembuktian bagi ratusan pembalap dari berbagai daerah, di mana setiap detik, bahkan milidetik, menjadi penentu antara kejayaan dan kegagalan. Di tengah kerasnya pertarungan, Rezky Audrey dari Team Ekitoyama mencuri sorotan dengan torehan waktu fantastis 6,861 detik di kelas FFA menggunakan Mitsubishi EVO 4. Aksinya menjadi simbol kekuatan, presisi, dan determinasi khas drag racer sejati.

Bukan hanya dominasi pria, dunia drag race juga mendapat sentuhan kejutan manis. Jeannifer YM, pembalap wanita dari Yoong Motor Indonesia, membuat debut memukau dengan meraih podium pertama di kelas Bracket 9,5 detik bersama Chery J6. Ini bukan sekadar kemenangan, tapi momen emosional penuh inspirasi di tengah arena dominasi horsepower.

Namun, tak semua cerita berakhir manis. Beberapa jagoan andalan harus menepi akibat kendala mesin. Tangis dan tawa jadi pemandangan yang sah di setiap sudut paddock, menggambarkan betapa drag race bukan sekadar balapan—ini adalah pertarungan mental dan mekanikal.

Putaran kedua ini turut diramaikan deretan booth komunitas otomotif, aftermarket, dan UMKM lokal, mulai dari Kingland Tire, Deltalube, No Limit Racing, MCI Carbon, KW Exhaust, hingga Palugada Garage, yang membuktikan bahwa budaya balap bukan hanya soal trek, tapi juga soal solidaritas dan dukungan ekosistem industri otomotif.

Panitia memastikan, putaran ketiga Super Drag Way 2025 White Series akan kembali digelar di lokasi yang sama pada 2–3 Agustus 2025. Aroma kompetisi menuju gelar juara umum makin memanas. Di balik raungan mesin, tersimpan ambisi dan impian yang sedang diburu para racer terbaik Indonesia.

Continue Reading

Event

Surabaya Bergemuruh! Antusiasme Pecinta Modifikasi Meledak di Road to IMX 2025

Published

on

By

Semangat modifikasi kembali membara di Kota Pahlawan! Road to Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025: 8VOLUTION sukses besar digelar di Surabaya Convention Center – Pakuwon Mall (PTC), pada 31 Mei hingga 1 Juni 2025. Ribuan pengunjung tumpah ruah, menunjukkan bahwa gairah modifikasi di Surabaya tak pernah padam.

Tiket ludes terjual, die-cast collectible eksklusif diserbu dalam hitungan menit—ini bukan sekadar pameran, tapi ledakan antusiasme yang membawa Surabaya menorehkan sejarah baru dalam dunia lifestyle otomotif.

“Energi yang kami rasakan di Surabaya sangat luar biasa. Ini lebih dari sekadar event—ini adalah perayaan kreativitas otomotif. Kami bangga bisa hadir dengan format IMX yang lebih segar dan menyentuh,” ungkap Andre Mulyadi, Project Director IMX sekaligus Founder NMAA.

Sorotan tertuju pada Mini GT LBWK Kenmeri Ver.3 edisi langka yang hanya tersedia 1.500 unit bersertifikat resmi Liberty Walk—semua unit raib dalam sekejap oleh para kolektor fanatik. Tak ketinggalan, program IMX Auction ikut memompa adrenalin dengan lelang unit die-cast bernomor seri cantik, menjadi incaran para penikmat die-cast tanah air.

Tak hanya hiburan, IMX Surabaya menghadirkan elemen lifestyle melalui IMX Raffle Pack dan IMX Lifestyle Magnet, di mana gaya busana unik pun turut mendapat sorotan dan apresiasi. Perpaduan otomotif dan gaya hidup terasa kental, menjadikan IMX lebih dari sekadar ajang modifikasi.

Yang paling emosional? Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Surabaya berhasil membawa dua mobil sekaligus meraih IMX Golden Ticket!

  • Toyota FT 86 milik Rizky dari HPRT tampil ciamik dengan engine swap, carbon engine bay, dan interior full custom.
  • Mustang GT 350 milik Josiah dari Thames70Garage membawa kisah restorasi selama 8 tahun penuh dedikasi dan detail—hasilnya, modifikasi yang tak sekadar keren, tapi penuh makna.

Keduanya akan mewakili Surabaya ke babak final IMX 2025 di ICE BSD, Tangerang, pada 10–12 Oktober mendatang.

Satu kota, dua legenda baru. Surabaya, kamu luar biasa!

Continue Reading

Event

Gunung Selatan x Kate Montor Maboer Bawa Pulang Tiga Gelar Juara di SCR 2025 Sidrap!

Published

on

By

Penampilan impresif ditunjukkan tim Gunung Selatan by Kate Montor Maboer dalam gelaran seri pembuka Sulawesi Cup Race (SCR) 2025 yang berlangsung di Sirkuit RMS Land, Sidrap, Sulawesi Selatan, akhir pekan kemarin (19-20 April). Tim yang berbasis di Yogyakarta dan dikomandoi mekanik muda Aan Kate ini sukses mendominasi kelas-kelas bergengsi dan mencatatkan kemenangan beruntun.

Mengandalkan Wawan Wello sebagai joki utama, tim ini meraih podium tertinggi di tiga kelas prestisius:

  • Bebek 2T UB 130cc Open,
  • Bebek 2T STD 125cc Open, dan
  • Bebek 4T TU 150cc Expert (OP1),
    serta finis ketiga di kelas Bebek 4T TU 130cc Mix Open.

Prestasi ini menjadi bukti konsistensi Kate Montor Maboer dalam membangun motor balap kompetitif, sekaligus mempertegas eksistensinya sebagai bengkel performa yang tak hanya tampil di Pulau Jawa, tetapi juga unjuk gigi di kancah nasional, termasuk Sulawesi dan NTB.

Menariknya, pencapaian ini diraih tanpa target juara umum sebelumnya, mengingat tim ini baru saja tampil di Kejurnas MRS 2025 Mandalika, Lombok, sepekan sebelumnya. Dengan persiapan minim, Aan Kate menyebut hasil ini sebagai berkah dan bonus dari kerja keras tim.

“Awalnya kami tidak menargetkan juara umum karena jadwal balap cukup padat dan persiapan sangat mepet. Tapi alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan,” ujar Aan Kate.

Tak hanya Aan, sang senior Heru Kate juga turut hadir langsung memberikan dukungan di Sidrap—membuktikan betapa pentingnya seri pembuka ini bagi tim Gunung Selatan.

Dengan torehan podium di Sidrap, Kate Montor Maboer berhasil menjaga tren positifnya sejak musim 2024, di mana mereka juga memborong gelar juara di kelas UB130, MP1, dan Ex MP2. Dominasi ini tentu makin menguatkan posisi mereka sebagai salah satu tim papan atas di arena balap motor nasional.

Continue Reading

Trending